Sabtu, 02 April 2011

Perkembangan (versi) sistem operasi (OS) pada handphone

Sama halnya dengan komputer, handphone juga giat melakukan maintenance untuk memenuhi kebutuhan publik, termasuk Sistem Operasi yang dimilikinya. berikut ini adalah perkembangan Sistem Operasi pada handphone yang telah saya jelaskan di postingan sebelumnya....

a.       Symbian OS
1.      Versi Symbian OS bermula dari dikeluarkannya ponsel Ericsson R380 smartphone yang berbasis Symbian versi 5 yang merupakan versi Unicode dari EPOC versi 5 dari Psion. Versi pertama yang menerapkan platform terbuka adalah Symbian OS versi 6.0 di tahun 2000 yang dipergunakan untuk ponsel Nokia 9210 dan 9290 Communicator.
2.      Symbian S60, merupakan Symbian paling populer dan memiliki paling banyak versi. digunakan oleh berbagai tipe handphone dari berbagai macam pabrikan. S60 memiliki berbagai macam versi seperti :
a.       S60 v6.1 digunakan di Nokia 7650
b.       S60 v6.1 1st edition digunakan di Nokia 3660, Nokia N-Gage, Siemens SX1, dll
c.       S60 2nd edition digunakan di Nokia 6600, Nokia 3230, Nokia N70, dll
d.      S60 3rd edition digunakan di Nokia N73, Nokia N95, Nokia E71, Nokia E90, Samsung G800, Samsung i550, Samsung INNOV8 LG KT610, dll
e.        S60 5th edition digunakan di Nokia 5800XM, Nokia N97, Samsung Omnia HD, SE Satio, dll
3.      Symbian S80, merupakan versi Symbian yg support keyboard QWERTY dan digunakan di communicator buatan Nokia misalnya Nokia 9210, Nokia 9300, Nokia 9500, dll. sekarang pengembangan S80 sudah dihentikan dan digabung dgn S60.
4.      Symbian S90, versi touchscreen dari Symbian, hanya digunakan oleh Nokia 7710. skrg S90 sdh tdk dikembangkan lagi, sebagai gantinya, operating system terbaru Nokia, Maemo, mengambil ide dari Symbian ini.
5.      Symbian UIQ, merupakan pengembangan dari Symbian dengan user interface yg berbeda dari Symbian lainnya, kebanyakan digunakan oleh smartphone produksi Sony-Ericsson, (Nokia 6708, SE P800, SE G700, Motorola RIZR, dll)MOAP (S).

b.      Windows Mobile (WinMo) OS
1.      Pocket PC 2000 : Dirilis pada tanggal 19 April 2000 dan dikenal dengan kode “RAPIER”. Windows ini berbasis Windows CE 3.0. versi ini hanya support 240 × 320 (QVGA) dan lebih Ditujukan untuk perangkat Pocket PC dengan aplikasi built-in : Pocket Office (Word, Excel, Outlook), Pocket Internet Explorer, Windows Media Player, Microsoft Reader, Microsoft Money, Notes, Character Recognition dan Infrared.
2.      Pocket PC 2002 : Dirilis pada bulan Oktober 2001 dan dikenal dengan kode “MERLIN”. Windows ini berbasis Windows CE 3.0 sama seperti versi sebelumnya. Mulai digunakan untuk ponsel dan smartphone terutama perangkat GSM. Desain atau Tampilan mirip dengan Windows XP.
Fitur baru : Theme Support, Spell Checker in Pocket Word, Savable downloads in Pocket Internet Explorer, Microsoft Reader 2, Windows Media Player 8, Virtual Private Networking, Folder Synchronization, MSN Messenger, dan Terminal Service
3.      Windows Mobile 2003: Dirilis pada tanggal 23 Juni 2003 dan dikenal dengan kode “OZONE”. Windows ini berbasis Windows CE 4.20 . Pada versi ini dikeluarkan 4 Edisi : Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition.
Fitur baru : add-on keyboards, Bluetooth, Pictures application with viewing, croping, email and beaming support, jawbreaker game, Windows Media Player 9.0 (streaming optimization), MIDI file suport as ringtones in Phone Edition.
4.      Windows Mobile 2003 SE (Second Edition) : Dirilis pada tanggal 24 Maret 2004 dan masih dikenal dengan kode “OZONE” sama seperti versi 2003. Basisnya pun masih sama yaitu Berbasis Windows CE 4.20 namun memiliki beberapa fitur baru. Ini adalah versi terakhir yang memungkinkan pengguna untuk mem-backup dan mengembalikan seluruh perangkat melalui ActiveSync.
Fitur Baru : Portrait and Landscape switching for Pocket PC, single-column layout in Pocket Internet Explorer, VGA (640×480), 240×240, and 480×480 screen resolution, dan Wi-Fi Protected Access (WPA) support.
5.      Windows Mobile 5.0 : Dirilis pada tanggal 9 Mei – 12 Mei 2005 dan dikenal dengan kode “MAGNETO”. Versi ini berbasis Windows CE 5.0. Pada versi ini menggunakan .NET Compact Framework 1.0 SP2 (lingkungan untuk pengembangan aplikasi berbasis .NET). Windows Mobile 5.0 meningkatkan masa hidup baterai karena memiliki kemampuan penyimpanan tetap. Sebelumnya sampai dengan 50% (cukup untuk 72 jam penyimpanan) kekuatan baterai yang disediakan hanya untuk mempertahankan data dalam memori RAM. Hal ini menyebabkan perubahan dari sebelumnya yang hanya menggunakan RAM sebagai media penyimpanan utama ke menggunakan kombinasi RAM dan flash memory (saat penggunanaan, tidak ada perbedaan yang jelas antara keduanya bagi pengguna). Program dan data yang sering diakses dijalankan di RAM, sementara penyimpanan sebagian besar adalah flash memory. OS memindahkan data antara keduanya sesuai kebutuhan. Semuanya didukung dalam memori flash, sehingga tidak seperti perangkat sebelumnya, perangkat WM5 tidak kehilangan data jika sumber dayanya hilang (mati).
Fitur baru : Office Mobile, PowerPoint Mobile, Graphing capability in Excel Mobile, Table and graphic insertion in Word Mobile, Windows Media Player 10 Mobile, Photo Caller ID, DirectShow suport, Global Positioning System (GPS), ActiveSync.
6.      Windows Mobile 6 : Dirilis pada tanggal 12 Februari 2007 dan dikenal dengan kode “Crossbow”. Versi ini Berbasis Windows CE 5.2. pada versi ini dikeluarkan 3 edisi : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio.
Fitur baru : 800×480 (WVGA) Screen resolution support, Office Mobile support for Smartphone, Operating System Live Update, VoIP (Internet calling), Windows Live for Windows Mobile, Storage Card Encryption, Smartfilter, Office Mobile 6.1 announced with support for Office 2007 document formats.
7.      Windows Mobile 6.1 : Dirilis pada tanggal 1 April 2008. Versi ini merupakan penyempurnaan dari Windows Mobile 6.0.
Fitur baru : threaded SMS, full page zooming in IE and ‘Domain Enroll’ (digunakan untuk mengkoneksikan konsol dengan System Center Mobile Device Manager 2008)
8.      Windows Mobile 6.5 : Dirilis ke produsen pada tanggal 11 Mei 2009. Perangkat pertama yang menjalankan OS ini yaitu pada akhir Oktober ’09. Update tambahan mencakup beberapa fitur baru yang cukup signifikan, seperti GUI dirubah, Today screen (tampilan utama) yang baru dengan label digulir vertikal (disebut ‘Titanium’, Internet Explorer Mobile 6 browser yang memiliki interface lebih baik dari versi sebelumnya. Microsoft meluncurkan versi ini pada 2009 Mobile World Congress di bulan Februari. Beberapa perangkat yang menggunakan Windows Mobile versi 6.1 juga bisa mengupdate OS nya menjadi Windows Mobile 6.5 .
9.      Windows Phone 7: Microsoft awalnya merencanakan untuk meneruskan Windows Mobile ke Windows Mobile 7, berdasarkan upgrade platform Windows Mobile, dan diberi kode “Photon”. Namun, Microsoft memutuskan untuk menciptakan sebuah OS mobile platform baru dan secara resmi mengumumkan Windows Phone 7 Series. Lalu Microsoft mengganti nama sistem operasi dari Windows Phone 7 Series menjadi  Windows Phone 7. Windows Phone 7 pada awalnya akan dirilis pada tahun 2009, akan tetapi terjadi keterlambatan karena beberapa hal yaitu mungkin karena versi ini berbeda dari Photon dan untuk membangun platform yang berbeda atau benar-benar baru sepenuhnya. Selama Mobile World Congress 2010 di Barcelona, Microsoft mengungkapkan detail Windows Phone 7 yang dilengkapi dengan sistem operasi baru dan integrasi dengan Xbox Live dan layanan Zune. Untuk perangkat yang menjalankan Windows Mobile 6.x tidak bisa di upgrade ke Windows Phone 7.

c.       Palm OS
1.      Palm OS 1.0 : adalah versi asli hadir pada Pilot 1000 dan 5000 . Semua versi sebelumnya ke Palm OS 5 didasarkan di atas 68000 AMX kernel yang berlisensi dari KADAK Produk Ltd . Meskipun kernel ini secara teknis mampu multitasking, yang "persyaratan dan kondisi lisensi yang secara khusus menyatakan bahwa mungkin Palm tidak mengekspos API untuk membuat / memanipulasi tugas dalam OS ". Sistem ini mendukung sinkronisasi data ke PC melalui teknologi HotSync, dan juga dilengkapi kalkulator dan alat keamanan untuk menyembunyikan catatan untuk penggunaan pribadi.
2.      Palm OS 2.0 : dirilis pada 10 Maret 1997 dengan PalmPilot Personal dan Profesional. Versi ini menambahkan TCP / IP jaringan, jaringan HotSync, dan dukungan lampu latar layar. Rilis upgrade terakhir untuk versi ini adalah versi 2.0.5. Aplikasi. Dalam aplikasi ini ditambahkan dua aplikasi baru yaitu Mail dan Expense, dan standar aplikasi PIM telah ditingkatkan.
3.      Palm OS 3.0 : dirilis pada tanggal 9 Maret 1998 yang berbeda dari versi sebelumnya yaitu, pada versi ini sudah ditambahkan fitur inframerah dan ditingkatkan dukungan font. Versi ini juga memiliki fitur update aplikasi PIM dan sebuah update untuk upgrade aplikasi.
4.      Palm OS 3.1 : hanya menambahkan fitur baru kecil, seperti HotSync yang didukung jaringan internet.
5.      Palm OS 3.2 : OS palm versi ini menambahkan dukungan Web Clipping, yang merupakan solusi Palm-spesifik awal untuk membawa web-konten ke layar PDA kecil.
6.      Palm OS 3.3 : Versi ini menambah kecepatan HotSync  dan kemampuan untuk melakukan hotsyncing inframerah, versi palm OS 3.4 tidak jauh berbeda dengan versi palm OS 3.3.
7.      Palm OS 3.5 :  adalah versi pertama untuk menyertakan 8-bit warna dukungan asli. Ia juga menambahkan fitur kemudahan utama yang menyederhanakan operasi, seperti bar-icon konteks-sensitif atau aktivasi menu sederhana. Aplikasi databook diperpanjang dengan tampilan agenda tambahan. Upgrade terbaru adalah versi 3.5.3.
8.      Palm OS 4.0 : dirilis bersama dengan peluncuran handphone yang baru yaitu seri Palm M500 pada tanggal 19 Maret 2001. Versi ini menambahkan interface standar eksternal untuk akses sistem berkas (seperti kartu SD ). Pada versi ini, kode aplikasi dan data harus dimuat ke perangkat RAM, mirip dengan perilaku sistem operasi desktop,  dan telah mendukung USB.  Versi 4.0 menambahkan manajer perhatian untuk mengkoordinasikan informasi dari aplikasi yang berbeda, dengan beberapa kemungkinan untuk menarik perhatian pengguna, termasuk suara, LED berkedip atau getaran, layar warna 16-bit dan mendukung zona waktu yang. Versi ini juga memiliki peningkatan keamanan dan UI.
9.      Palm OS 4.1 : versi ini dirilis bersamaan dengan peluncuran handphone Palm i705 . Palm OS 4.1 kemudian di upgrade ke versi 4.1.2 Palm OS 4.2 Simplified Chinese Edition ditargetkan terutama untuk pasar Cina dengan penuh dukungan, os ini dirilis bersamaan dengan Palm OS 5.3.
10.  Palm OS 5 : Palm OS 5 (tidak disebut 5.0) ini diresmikan oleh PalmSource pada Juni 2002 dan pertama kali diimplementasikan pada Palm Tungsten. Versi ini pertama dirilis untuk mendukung perangkat ARM, Aplikasi Palm biasanya berjalan lebih cepat pada perangkat ARM dari pada hardware generasi sebelumnya. Sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth dan WiFi. Untuk Palm OS 5 PalmSource dikembangkan dan berlisensi browser web yang disebut PalmSource Web Browser, yang didasarkan pada ACCESS ' NetFront 3.0 browser.
11.  Palm OS 5.2 : Pertama kali diterapkan pada Samsung SGH-i500.  Samsung SGH-i500 menyediakan dukungan untuk resolusi 480x320 dan memperkenalkan sistem masukan baru yang disebut tulisan tangan Graffiti 2. Upgrade terakhir dari versi ini adalah versi 5.2.8.
12.  Palm OS 5.3 Simplifed Chinese Edition: menyediakan penuh aplikasi dukungan cina, dan juga menambahkan dukungan untuk QVGA resolusi, dan API standar untuk Graffiti maya yang disebut Dynamic Input Area.
13.  Palm OS Garnet (5.4) : secara resmi memberikan dukungan untuk beberapa resolusi layar, mulai dari 160x160 sampai 480x320. Versi ini memperkenalkan moniker Garnet untuk membedakannya dari Palm OS Cobalt 6.0. Upgrade versi terbaru dari OS Garnet ini adalah versi 5.4.9.
14.  Garnet OS 5.5 : adalah versi yang dikembangkan oleh ACCESS. Versi ini didedikasikan untuk dijalankan di dalam mesin virtual VM Garnet. Garnet VM adalah bagian inti dari Access Linux Platform dan juga tersedia untuk Nokia Internet Tablet.
15.  Palm OS Cobalt (6.0) :  adalah penerus yang ditujukan untuk Palm OS 5, dirilis pada tanggal 10 Februari 2004, tetapi tidak ditawarkan lagi dari ACCESS. Palm OS 6.0 kemudian diganti untuk Palm OS Cobalt untuk membuat jelas bahwa versi ini awalnya tidak ditujukan untuk menggantikan Palm OS 5, yang mengadopsi nama Palm OS Garnet pada waktu yang sama. Palm OS Cobalt memperkenalkan fitur-fitur sistem operasi modern untuk sebuah sistem operasi embedded berdasarkan kernel baru dengan multitasking dan perlindungan memori, multimedia modern dan kerangka grafis, fitur keamanan baru, dan penyesuaian dari format file PIM untuk lebih baik bekerja sama dengan Microsoft Outlook .
16.  Palm OS Cobalt 6.1 : menyajikan perpustakaan komunikasi standar untuk telekomunikasi, Wi-Fi, dan konektivitas Bluetooth

d.      Android OS
1.      Android versi 1.1: Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
2.      Androis versi 1.5(Cupcake) : Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
3.      Android versi 1.6 (Donut): dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya.
4.      Android versi 2.0/2.1(Éclair):  Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, dapat mendukung Bluetooth 2.1. Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.
5.      Android versi 2.2 (Froyo : Frozen Yoghurt) : Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, sedah mampu mendukung V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, mampu membaca aplikasi yang disimpan dalam sd card, sudah dapat menunjang WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
6.      Android versi 2.3 (Gingerbread) : Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, User Interface didesain ulang.
7.      Android versi 3.0 (Honeycomb) : Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. OS Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom.

e.       Linux OS
Versi dari linux yang banyak diminati oleh pengguna komputer yaitu ubuntu, begitupun pada series mobilenya, banyak orang yang melirik ubuntu dikarenakan sifatnya yang open source. Pada bulan Juni 2008 Ubuntu MID Edition 8.04 telah dirilis. Ubuntu MID Edition berakhir pengembangan setelah versi 9.10 Alpha 6 dirilis. Namun Linux saat ini sementara mengembangkan versi linux yang baru, yang tentunya dikembangkan untuk kenyamanan user.

f.       Blackberry OS
Perkembagan System Operasi pada Blackberry sangatlah cepat dari waktu kewaktu, dibawah ini merupakan perkembangan blackberry os beserta waktu rilisnya.
1.      4.2.1.074 dirilis pada 23 April 2007
2.      4.2.1.107 dirilis pada 15 Januari 2007
3.      4.6.0.180 dirilis pada 1 Januari 2008
4.      4.5.0.081 dirilis pada 20 Oktober 2008
5.      4.5.0.124 dirilis pada 13 Maret 2009
6.      4.5.0.139 dirilis pada 17 April 2009
7.      5.0.0.846 dirilis pada 1 Oktober 2010
8.      5.0.0.900 dirilis pada17 November 2010
9.      6.0.0.448 dirilis pada 14 Maret 2011
10.  5.0.0.714 dirilis pada 22 Juni 2010

g.      Maemo OS
Pada mulanya Nokia memproduksi sistem operasi internet tablet pertama (OS2005) untuk devicesnya seri 770 yang diluncurkan pada November 2005. Saat itu 770 sudah dapat melakukan hal-hal seperti layaknya pocket pc.

Lalu disempurnakan pada 3 Juni 2006 (OS2006). Penyempurnaan ini meliputi penampilan yang lebih menarik, keyboard layar penuh, GoogleTalk di dalamnya, kemampuan mendukung kartu memori hingga 2GB, dan peningkatan Linux hingga 2.6.

Seri berikutnya pada Nokia 800, maemo 3(OS2007) muncul dilengkapi dengan skype voip, kamera, opera 8, Flash 7.

Pada Juni 2009 Nokia 810 diluncurkan dengan senjatanya yaitu Maemo 4 yang berbasis virtual QWERTY keyboard pada layar sentuhnya, microB, Google Talk, USB Support, WMV dan GPS.

Dan sekarang Maemo 5 (code name : Fremantle) merupakan maemo terbaru dengan pengembangan yang signifikan untuk mendukung teknologi touch screen, dashboard seperti fitur yang terdapat pada operating system lainnya.

h.      Bada OS
1.      Bada os versi 1.0 : Samsung S8500 Wave diluncurkan dengan versi 1.0 dari sistem operasi Bada.
2.      Bada os versi 1.0.2 : Segera setelah peluncuran versi 1.0, Samsung merilis versi 1.0.2, yang meliputi perbaikan minor untuk pengguna Eropa. Namun, dalam waktu dekat ini versi 1.0.2 akan tersedia untuk seluruh dunia.
3.      Bada os versi 1.2 : Setelah versi 1.0.2, bada kembali merilis versi terbarunya yaitu 1.2 dirilis dengan Wave ponsel Samsung S8530 II. Selanjutnya Bada versi 2.0 diperkenalkan pada 15 Februari 2011.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar